RPP IPA KELAS IV SEMESTER 2 KD 10.1 DAN 10.2







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas/Semester          : IV/II
Alokasi Waktu           : 2 × 35 menit

A.    Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

B.     Kompetensi Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

C.  Indikator
1.  Kognitif :
Proses
1.         Mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik
2.         Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.
Produk
1.      Menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).

2.   Afektif
Karakter :
Siswa mampu menunjukkan perilaku tanggung jawab, kreatif, terbuka, membantu teman.

2.      Psikomotorik
Ketrampilan Sosial :
Siswa mampu melakukan komunikasi, demonstrasi, berpendapat.

D.   Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
Proses
1.         Peserta didik mampu mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik
2.         Peserta didik mampu mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.

  Produk
1.      Dengan tampa membuka buku, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).

2.   Afektif
Karakter :
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat berperilaku tanggung jawab, kreatif, terbuka.

3.   Psikomotorik
      Ketrampilan Sosial :
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat berperilaku mengutarakan pendapat, mendemonstarsikan dan berkomunikasi dengan teman.











E.  Materi Pembelajaran


Materi selengkapnya : terlampir

F. Strategi Pembelajaran
1. Model                 : Kooperatif
2. Metode               : demonstrasi, diskusi, presentasi, penugasan.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Fase
Guru

Kegiatan Awal
Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
§  Salam Pembuka
§  Menanyakan kabar
§  Kegiatan rutin guru : absensi
§  Menanyakan kesiapan peserta didik untuk belajar
§  Apersepsi : memotivasi peserta didik dengan memberi pertanyaan untuk membangun pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
1)      Pernahkan kalian pergi ke pantai dan membuat rumah pasir?
2)      Apa yang terjadi pada rumah pasir kalian ketika gelombang datang ?
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran :
1.      mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik
2.      mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.
3.      menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).
10 menit
Kegiatan Inti
Menyampaikan informasi






















Mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok belajar




Membimbing kelompok



Evaluasi

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Memberikan informasi: bahan yang dibutuhkan :
1.      Percobaan 1
·      Papan triplek
·      Tanah
·      Tanaman rumput air
2.      Percobaan 2
·      Tanah kering
·      Pasir
·      Kipas
3.      Percobaan 3
·      Bak
·      Tanah berpasir
·      Air
4.      Percobaan 4
·      Tanah
·      Panas matahari
§  Menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik untuk mengamati perubahan lingkungan terhadap daratan

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Membentuk beberapa kelompok belajar secara heterogen yaitu dengan memperhatikan jenis kelamin, tingkat kecerdasan.
§  Membimbing kelompok : mengawasi saat kelompok melakukan demonstrasi dan pengamatan sesuai LKS

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Membimbing kelompok terpilih untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok
§  Menentukan kelompok yang memiliki kinerja terbaik
50 Menit
Kegiatan Penutup
Penghargaan
§  Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya baik
§  Membuat kesimpulan bersama peserta didik, hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan inti
§  Salam penutup
10 menit

H. Sumber, Alat dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
Sulistyanto, Heri. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV.  Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Rositawaty, S. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4, untuk kelas IV sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008

2. Alat Pembelajaran
Lembar Kerja Siswa

3.  Media
·         Tanah
·         Tanah berpasir
·         Kipas
·         Papan triplek
·         Bak pasir
·         Rumput
·         Gambar bermacam-macam bencana perubahan lingkungan pada daratan




    I. Penilaian
   1. Teknik : tes tulis (Lembar penilaian)
   2. Penilaian kerja : penilaian keterampilan social dan kinerja melakukan demonstrasi


            Mengetahui,                                                    Gumeno,   
    Kepala Sekolah SDN Gumeno                                          Guru Kelas IV





             M. Asmunir, S.Ag                                                  Yulya Astuthi’
    NIP. 19550717 198112 1 004                                       NIG. 1160624607



























Lampiran I

MATERI

Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)










Lampiran II

Media Pembelajaran

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II

Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

Bak Pasir
Banjir
Air
Longsor
Rumput
Abrasi
Pengikisan oleh air hujan
Tanah retak

Lampiran III
LEMBAR KERJA SISWA

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II

Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

Nama Siswa      :    ….............................................................
No. Absen         :    ….............................................................

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!

1.   Pengikisan daratan oleh air atau angin disebut ....
a. erosi       b. abrasi           c. reboisasi       d. sedimentasi
2.   Pasir, tanah dan batu yang terbawa aliran air kemudian diendapkan di suatu tempat dinamakan ....
a. erosi       b. abrasi          c. reboisasi       d. sedimentasi
3.   Erosi dapat dicegah dengan cara berikut, kecuali ....
a. reboisasi                         b. membuat sengkedan
c. membuat hujan buatan d. mencegah penebangan hutan
4.   Di lahan pertanian atau perkebunan yang miring seperti perbukitan banyak terdapat ... untuk mencegah terjadinya erosi dan longsor.
a. sengkedan                     b. hutan bakau
c. tembok beton                d. reboisasi

5.   Hutan bakau di pinggiran pantai berfungsi sebagai ....
a. tempat berteduh            b. pemecah ombak
c. petunjuk arah                 d. memelihara hewan laut
6.  Pengikisan batu karang atau tepian pantai disebabkan oleh ....
a. air hujan                         b. angin
c. gelombang laut              d. cahaya matahari
7.   Pengikisan pantai yang disebabkan oleh gelombang laut disebut ....
a. erosi       b. abrasi           c. reboisasi       d. sedimentasi
8.   Teriknya cahaya matahari di musim kemarau dapat menyebabkan tanah atau batuan mengalami ....
a. pengerasan                     b. pengerutan
c. keretakan                       d. pemuaian
9.    Perubahan pada daratan disebabkan oleh perubahan faktor lingkungan fisik sebagai berikut, kecuali ....
a. hujan                              b. gelombang laut
c. angin                              d. rotasi bumi
10. Perubahan pada daratan disebabkan oleh peristiwa-peristiwa berikut, kecuali ....
a. angin topan                    b. kebakaran hutan
c. erosi                               d. reboisasi




                                                                                    Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV





                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                           NIG. 1160624607



Lampiran IV

LEMBAR KERJA KELOMPOK

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

Anggota Kelompok   :           ….............................................................
                                                ….............................................................
                                                ….............................................................

Kelompok 1
Kelompok 2


Kelompok 3
Kelompok 4
4
 

Tujuan :
Melihat cahaya matahari yang dapat meretakkan tanah
Alat dan Bahan :
-       Tanah agak basah
-       Cahaya matahari
Langkah Kerja
1.    Lakukan secara berkelompok
2.    Masukkan tanah kedalam bak kecil atau piring
3.    Letakkan di luar ruangan yang terkena sinar matahari secara lansung
4.    Diamkan
5.    Amati apakah tanah tersebut kering oleh panas matahari ?
6.     Buatlah laporan pada buku tugasmu

Hasil Pengamatan


 















                                                                                    Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV





                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                           NIG. 1160624607


Lampiran V
Kunci Jawaban LKS

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)


1.          B
2.          D
3.          A
4.          A
5.          B
6.          C
7.          B
8.          C
9.          D
10.        D




        Gumeno,   
                                                                                            Guru Kelas IV




                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                    NIG. 1160624607



LAMPIRAN VI
PENILAIAN

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

Ø  Format Kriteria Penilaian  Produk
Tugas Mandiri (Lembar Kerja Siswa)
NOMOR SOAL
KRITERIA
SKOR
1
Menjawab benar

1
2
Menjawab benar
1
3
Menjawab benar
1
4
Menjawab benar
1
5
Menjawab benar
1
6
Menjawab benar
1
7
Menjawab benar
1
8
Menjawab benar
1
9
Menjawab benar
1
10
Menjawab benar
1
Jumlah skor maksimal
10

Nilai  =  x 100

Ø  Penilaian Produk
No.
Nama
TM
TK
Skor
1.
Nabilah Rafilah R.



2.
Alfira Nilam Ayu P.



3.
Nur Anisah R.



4.
Moh. Aditiya Islami A.



5.
Diki Lukman Ali H.



6.
Maghfiroh



7.
Moh. Anung Ardiansyah



8.
Nur Muchlasinah



9.
Shobakhul Khoir



10.
Dyah Agung Wahyu P.



11.
Misbakhul Umam



12.
Kholidiah Duita Sari




Keterangan     :
TM           =     Tugas Mandiri
TK           =     Tugas Kelompok
Ø  Format Kriteria Penilaian  Performance
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


Keberanian


Ketepatan
* sangat
* cukup
* kurang
* sangat
* cukup
* kurang
3
2
1
3
2
1

Ø  Penilaian Performance
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Keberanian
Ketepatan
1
2
3
1
2
3
1.
Nabilah Rafilah R.







2.
Alfira Nilam Ayu P.







3.
Nur Anisah R.







4.
Moh. Aditiya Islami A.







5.
Diki Lukman Ali H.







6.
Maghfiroh







7.
Moh. Anung Ardiansyah







8.
Nur Muchlasinah







9.
Shobakhul Khoir







10.
Dyah Agung Wahyu P.







11.
Misbakhul Umam







12.
Kholidiah Duita Sari











Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV





                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                           NIG. 1160624607


Lampiran VII
Lembar Penilaian Karakter
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
Siswa:                                  Kelas:                                          Tanggal:
Petunjuk:
A = Sangat baik                       C = Menunjukkan kemajuan                  
B = Memuaskan                      D = Memerlukan  perbaikan                               

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)
1
Jujur




2
Peduli




3
Tanggung jawab




4
Toleransi




5
Selalu melakukan yang terbaik




6
Kreatif




7
Terbuka dan mendengarkan pendapat teman




8
Tidak mencela teman dengan kasar




9
Membantu teman yang membutuhkan




                                                                                     Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV


                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                            NIG. 1160624607
Lampiran VIII
Format Penilaian Keterampilan Sosial

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
Siswa:                                       Kelas:                                          Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, rankinglah keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan  perbaikan        
C = Menunjukkan kemajuan      
B = Memuaskan                   
A = Sangat baik
                                                                                       
No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)
1
Bertanya




2
Menyumbang idea tau pendapat




3
Menjadi pendengar yang baik




4
Komunikasi




Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV


                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                            NIG. 1160624607



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas/Semester          : IV/II
Alokasi Waktu           : 2 × 35 menit

A.    Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

B.     Kompetensi Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

C.  Indikator
1.  Kognitif :
Proses
1.         Mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik
2.         Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.
Produk
1.      Menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).

2.   Afektif
Karakter :
Siswa mampu menunjukkan perilaku tanggung jawab, kreatif, terbuka, membantu teman.

2.      Psikomotorik
Ketrampilan Sosial :
Siswa mampu melakukan komunikasi, demonstrasi, berpendapat.

D.   Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
Proses
1.         Peserta didik mampu mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik
2.         Peserta didik mampu mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.

  Produk
1.      Dengan tampa membuka buku, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).

2.   Afektif
Karakter :
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat berperilaku tanggung jawab, kreatif, terbuka.

3.   Psikomotorik
      Ketrampilan Sosial :
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat berperilaku mengutarakan pendapat, mendemonstarsikan dan berkomunikasi dengan teman.











E.  Materi Pembelajaran

Materi selengkapnya : terlampir

F. Strategi Pembelajaran
1. Model                 : Kooperatif
2. Metode               : demonstrasi, diskusi, presentasi, penugasan.

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Fase
Guru

Kegiatan Awal
Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
§  Salam Pembuka
§  Menanyakan kabar
§  Kegiatan rutin guru : absensi
§  Menanyakan kesiapan peserta didik untuk belajar
§  Apersepsi : memotivasi peserta didik dengan memberi pertanyaan untuk membangun pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
1)      Pernahkan kalian pergi ke pantai dan membuat rumah pasir?
2)      Apa yang terjadi pada rumah pasir kalian ketika gelombang datang ?
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran :
1.      mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik
2.      mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.
3.      menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).
10 menit
Kegiatan Inti
Menyampaikan informasi






















Mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok belajar




Membimbing kelompok



Evaluasi

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Memberikan informasi: bahan yang dibutuhkan :
1.      Percobaan 1
·      Papan triplek
·      Tanah
·      Tanaman rumput air
2.      Percobaan 2
·      Tanah kering
·      Pasir
·      Kipas
3.      Percobaan 3
·      Bak
·      Tanah berpasir
·      Air
4.      Percobaan 4
·      Tanah
·      Panas matahari
§  Menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik untuk mengamati perubahan lingkungan terhadap daratan

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Membentuk beberapa kelompok belajar secara heterogen yaitu dengan memperhatikan jenis kelamin, tingkat kecerdasan.
§  Membimbing kelompok : mengawasi saat kelompok melakukan demonstrasi dan pengamatan sesuai LKS

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Membimbing kelompok terpilih untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok
§  Menentukan kelompok yang memiliki kinerja terbaik
50 Menit
Kegiatan Penutup
Penghargaan
§  Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya baik
§  Membuat kesimpulan bersama peserta didik, hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan inti
§  Salam penutup
10 menit

H. Sumber, Alat dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
Sulistyanto, Heri. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV.  Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Rositawaty, S. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4, untuk kelas IV sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008

2. Alat Pembelajaran
Lembar Kerja Siswa

3.  Media
·         Tanah
·         Tanah berpasir
·         Kipas
·         Papan triplek
·         Bak pasir
·         Rumput
·         Gambar bermacam-macam bencana perubahan lingkungan pada daratan




    I. Penilaian
   1. Teknik : tes tulis (Lembar penilaian)
   2. Penilaian kerja : penilaian keterampilan social dan kinerja melakukan demonstrasi


            Mengetahui,                                                    Gumeno,   
    Kepala Sekolah SDN Gumeno                                          Guru Kelas IV





             M. Asmunir, S.Ag                                                  Yulya Astuthi’
    NIP. 19550717 198112 1 004                                       NIG. 1160624607



























Lampiran I

MATERI

Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)


Lampiran II

Media Pembelajaran

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II

Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

Bak Pasir
Banjir
Air
Longsor
Rumput
Abrasi
Pengikisan oleh air hujan
Tanah retak

Lampiran III
LEMBAR KERJA SISWA

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II

Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

Nama Siswa      :    ….............................................................
No. Absen         :    ….............................................................

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!

1.   Pengikisan daratan oleh air atau angin disebut ....
a. erosi       b. abrasi           c. reboisasi       d. sedimentasi
2.   Pasir, tanah dan batu yang terbawa aliran air kemudian diendapkan di suatu tempat dinamakan ....
a. erosi       b. abrasi          c. reboisasi       d. sedimentasi
3.   Erosi dapat dicegah dengan cara berikut, kecuali ....
a. reboisasi                         b. membuat sengkedan
c. membuat hujan buatan d. mencegah penebangan hutan
4.   Di lahan pertanian atau perkebunan yang miring seperti perbukitan banyak terdapat ... untuk mencegah terjadinya erosi dan longsor.
a. sengkedan                     b. hutan bakau
c. tembok beton                d. reboisasi

5.   Hutan bakau di pinggiran pantai berfungsi sebagai ....
a. tempat berteduh            b. pemecah ombak
c. petunjuk arah                 d. memelihara hewan laut
6.  Pengikisan batu karang atau tepian pantai disebabkan oleh ....
a. air hujan                         b. angin
c. gelombang laut              d. cahaya matahari
7.   Pengikisan pantai yang disebabkan oleh gelombang laut disebut ....
a. erosi       b. abrasi           c. reboisasi       d. sedimentasi
8.   Teriknya cahaya matahari di musim kemarau dapat menyebabkan tanah atau batuan mengalami ....
a. pengerasan                     b. pengerutan
c. keretakan                       d. pemuaian
9.    Perubahan pada daratan disebabkan oleh perubahan faktor lingkungan fisik sebagai berikut, kecuali ....
a. hujan                              b. gelombang laut
c. angin                              d. rotasi bumi
10. Perubahan pada daratan disebabkan oleh peristiwa-peristiwa berikut, kecuali ....
a. angin topan                    b. kebakaran hutan
c. erosi                               d. reboisasi




                                                                                    Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV





                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                           NIG. 1160624607



Lampiran IV

LEMBAR KERJA KELOMPOK

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

Anggota Kelompok   :           ….............................................................
                                                ….............................................................
                                                ….............................................................

Kelompok 1
Kelompok 2


Kelompok 3
Kelompok 4
4
 

Tujuan :
Melihat cahaya matahari yang dapat meretakkan tanah
Alat dan Bahan :
-       Tanah agak basah
-       Cahaya matahari
Langkah Kerja
1.    Lakukan secara berkelompok
2.    Masukkan tanah kedalam bak kecil atau piring
3.    Letakkan di luar ruangan yang terkena sinar matahari secara lansung
4.    Diamkan
5.    Amati apakah tanah tersebut kering oleh panas matahari ?
6.     Buatlah laporan pada buku tugasmu

Hasil Pengamatan


 















                                                                                    Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV





                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                           NIG. 1160624607


Lampiran V
Kunci Jawaban LKS

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)


1.          B
2.          D
3.          A
4.          A
5.          B
6.          C
7.          B
8.          C
9.          D
10.        D




        Gumeno,   
                                                                                            Guru Kelas IV




                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                    NIG. 1160624607



LAMPIRAN VI
PENILAIAN

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

Ø  Format Kriteria Penilaian  Produk
Tugas Mandiri (Lembar Kerja Siswa)
NOMOR SOAL
KRITERIA
SKOR
1
Menjawab benar
1
2
Menjawab benar
1
3
Menjawab benar
1
4
Menjawab benar
1
5
Menjawab benar
1
6
Menjawab benar
1
7
Menjawab benar
1
8
Menjawab benar
1
9
Menjawab benar
1
10
Menjawab benar
1
Jumlah skor maksimal
10

Nilai  =  x 100

Ø  Penilaian Produk
No.
Nama
TM
TK
Skor
1.
Nabilah Rafilah R.



2.
Alfira Nilam Ayu P.



3.
Nur Anisah R.



4.
Moh. Aditiya Islami A.



5.
Diki Lukman Ali H.



6.
Maghfiroh



7.
Moh. Anung Ardiansyah



8.
Nur Muchlasinah



9.
Shobakhul Khoir



10.
Dyah Agung Wahyu P.



11.
Misbakhul Umam



12.
Kholidiah Duita Sari




Keterangan     :
TM           =     Tugas Mandiri
TK           =     Tugas Kelompok
Ø  Format Kriteria Penilaian  Performance
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


Keberanian


Ketepatan
* sangat
* cukup
* kurang
* sangat
* cukup
* kurang
3
2
1
3
2
1

Ø  Penilaian Performance
No.
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Keberanian
Ketepatan
1
2
3
1
2
3
1.
Nabilah Rafilah R.







2.
Alfira Nilam Ayu P.







3.
Nur Anisah R.







4.
Moh. Aditiya Islami A.







5.
Diki Lukman Ali H.







6.
Maghfiroh







7.
Moh. Anung Ardiansyah







8.
Nur Muchlasinah







9.
Shobakhul Khoir







10.
Dyah Agung Wahyu P.







11.
Misbakhul Umam







12.
Kholidiah Duita Sari











Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV





                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                           NIG. 1160624607


Lampiran VII
Lembar Penilaian Karakter
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
Siswa:                                  Kelas:                                          Tanggal:
Petunjuk:
A = Sangat baik                       C = Menunjukkan kemajuan                  
B = Memuaskan                      D = Memerlukan  perbaikan                               

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)
1
Jujur




2
Peduli




3
Tanggung jawab




4
Toleransi




5
Selalu melakukan yang terbaik




6
Kreatif




7
Terbuka dan mendengarkan pendapat teman




8
Tidak mencela teman dengan kasar




9
Membantu teman yang membutuhkan




                                                                                     Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV


                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                            NIG. 1160624607
Lampiran VIII
Format Penilaian Keterampilan Sosial

Sekolah                       : SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : IV/II
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1  Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
Siswa:                                       Kelas:                                          Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, rankinglah keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan  perbaikan        
C = Menunjukkan kemajuan      
B = Memuaskan                   
A = Sangat baik
                                                                                       
No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)
1
Bertanya




2
Menyumbang idea tau pendapat




3
Menjadi pendengar yang baik




4
Komunikasi




Gumeno,   
                                                                                               Guru Kelas IV


                                                                                              Yulya Astuthi’
                                                                                            NIG. 1160624607

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA KARTESIUS (UTAKA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK UNTUK BEST PRACTICE 2016

Shopeepay yang Dinonaktifkan