RPP IPA KELAS IV SEMESTER 2 KD 10.1 DAN 10.2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 2 × 35 menit
A.
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan
lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
B.
Kompetensi Dasar :
10.1
Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan,
cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
C.
Indikator
1. Kognitif :
Proses
1.
Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan
fisik
2.
Mendemonstrasikan proses terjadinya
erosi pada permukaan tanah.
Produk
1.
Menjelaskan pengaruh faktor penyebab
perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan
gelombang laut).
2. Afektif
Karakter
:
Siswa mampu menunjukkan perilaku tanggung jawab,
kreatif, terbuka, membantu teman.
2. Psikomotorik
Ketrampilan Sosial :
Siswa mampu melakukan komunikasi, demonstrasi,
berpendapat.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
Proses
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan
fisik
2.
Peserta didik mampu mendemonstrasikan
proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.
Produk
1.
Dengan tampa membuka buku, peserta didik
mampu menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan
(angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).
2. Afektif
Karakter :
Dengan
terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat berperilaku tanggung jawab,
kreatif, terbuka.
3. Psikomotorik
Ketrampilan Sosial :
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat berperilaku mengutarakan pendapat, mendemonstarsikan
dan berkomunikasi dengan teman.
E.
Materi Pembelajaran
Materi selengkapnya : terlampir
F. Strategi Pembelajaran
1. Model : Kooperatif
2. Metode : demonstrasi,
diskusi, presentasi, penugasan.
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Fase
|
Guru
|
||
Kegiatan
Awal
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta
didik
|
§ Salam
Pembuka
§ Menanyakan
kabar
§ Kegiatan
rutin guru : absensi
§ Menanyakan
kesiapan peserta didik untuk belajar
§ Apersepsi
: memotivasi peserta didik dengan memberi pertanyaan untuk membangun
pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
1)
Pernahkan kalian pergi ke pantai
dan membuat rumah pasir?
2)
Apa yang terjadi pada rumah pasir
kalian ketika gelombang datang ?
§ Menyampaikan
tujuan pembelajaran :
1.
mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan
lingkungan fisik
2.
mendemonstrasikan proses
terjadinya erosi pada permukaan tanah.
3.
menjelaskan pengaruh faktor
penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari
dan gelombang laut).
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Menyampaikan
informasi
Mengorganisasikan
peserta didik dalam kelompok belajar
Membimbing
kelompok
Evaluasi
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§
Memberikan informasi: bahan yang
dibutuhkan :
1.
Percobaan 1
·
Papan triplek
·
Tanah
·
Tanaman rumput air
2.
Percobaan 2
·
Tanah kering
·
Pasir
·
Kipas
3.
Percobaan 3
·
Bak
·
Tanah berpasir
·
Air
4.
Percobaan 4
· Tanah
· Panas
matahari
§ Menjelaskan
langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik untuk mengamati perubahan
lingkungan terhadap daratan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Membentuk
beberapa kelompok belajar secara heterogen yaitu dengan memperhatikan jenis
kelamin, tingkat kecerdasan.
§ Membimbing
kelompok : mengawasi saat kelompok melakukan demonstrasi dan pengamatan
sesuai LKS
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Membimbing
kelompok terpilih untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok
§ Menentukan
kelompok yang memiliki kinerja terbaik
|
50 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Penghargaan
|
§ Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya baik
§ Membuat
kesimpulan bersama peserta didik, hasil belajar yang diperoleh melalui
kegiatan inti
§ Salam
penutup
|
10 menit
|
H. Sumber, Alat dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
Sulistyanto, Heri. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
Rositawaty, S. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4, untuk kelas IV sekolah Dasar.
Jakarta : Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008
2. Alat Pembelajaran
Lembar
Kerja Siswa
3. Media
·
Tanah
·
Tanah berpasir
·
Kipas
·
Papan triplek
·
Bak pasir
·
Rumput
·
Gambar bermacam-macam bencana perubahan
lingkungan pada daratan
I. Penilaian
1. Teknik :
tes tulis (Lembar penilaian)
2.
Penilaian kerja : penilaian keterampilan social dan kinerja melakukan
demonstrasi
Mengetahui, Gumeno,
Kepala
Sekolah SDN Gumeno Guru
Kelas IV
M. Asmunir, S.Ag Yulya Astuthi’
NIP. 19550717 198112 1 004 NIG.
1160624607
Lampiran
I
MATERI
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan
lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
Lampiran
II
Media
Pembelajaran
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar
:
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
Bak
Pasir
|
Banjir
|
Air
|
Longsor
|
Rumput
|
Abrasi
|
Pengikisan
oleh air hujan
|
Tanah
retak
|
Lampiran
III
LEMBAR
KERJA SISWA
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi
Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
Nama
Siswa : ….............................................................
No.
Absen : ….............................................................
Berilah tanda silang (X) pada huruf
a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!
1.
Pengikisan daratan oleh air atau angin
disebut ....
a.
erosi b. abrasi c. reboisasi d. sedimentasi
2.
Pasir, tanah dan batu yang terbawa
aliran air kemudian diendapkan di suatu tempat dinamakan ....
a.
erosi b. abrasi c. reboisasi d. sedimentasi
3.
Erosi dapat dicegah dengan cara
berikut, kecuali ....
a.
reboisasi b.
membuat sengkedan
c.
membuat hujan buatan d. mencegah penebangan hutan
4.
Di lahan pertanian atau perkebunan yang
miring seperti perbukitan banyak terdapat ... untuk mencegah terjadinya erosi
dan longsor.
a.
sengkedan b. hutan
bakau
c.
tembok beton d. reboisasi
5.
Hutan bakau di pinggiran pantai
berfungsi sebagai ....
a.
tempat berteduh b. pemecah
ombak
c.
petunjuk arah d.
memelihara hewan laut
6. Pengikisan batu karang atau tepian pantai
disebabkan oleh ....
a.
air hujan b. angin
c.
gelombang laut d. cahaya matahari
7.
Pengikisan pantai yang disebabkan oleh
gelombang laut disebut ....
a.
erosi b. abrasi c. reboisasi d. sedimentasi
8.
Teriknya cahaya matahari di musim
kemarau dapat menyebabkan tanah atau batuan mengalami ....
a.
pengerasan b.
pengerutan
c.
keretakan d.
pemuaian
9.
Perubahan pada daratan disebabkan oleh
perubahan faktor lingkungan fisik sebagai berikut, kecuali ....
a.
hujan b.
gelombang laut
c.
angin d.
rotasi bumi
10.
Perubahan pada daratan disebabkan oleh peristiwa-peristiwa berikut, kecuali
....
a.
angin topan b.
kebakaran hutan
c.
erosi d.
reboisasi
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG.
1160624607
Lampiran
IV
LEMBAR
KERJA KELOMPOK
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar
:
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
Anggota Kelompok : ….............................................................
….............................................................
….............................................................
Kelompok 1
Kelompok 2
Kelompok 3
Kelompok 4
|
Tujuan :
Melihat
cahaya matahari yang dapat meretakkan tanah
Alat dan Bahan :
-
Tanah
agak basah
-
Cahaya
matahari
Langkah
Kerja
1.
Lakukan
secara berkelompok
2.
Masukkan
tanah kedalam bak kecil atau piring
3.
Letakkan
di luar ruangan yang terkena sinar matahari secara lansung
4.
Diamkan
5.
Amati
apakah tanah tersebut kering oleh panas matahari ?
6. Buatlah laporan pada buku
tugasmu
Hasil
Pengamatan
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG.
1160624607
Lampiran
V
Kunci
Jawaban LKS
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi
Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
1.
B
2.
D
3.
A
4.
A
5.
B
6.
C
7.
B
8.
C
9.
D
10.
D
Gumeno,
Guru Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG. 1160624607
LAMPIRAN
VI
PENILAIAN
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi
Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
Ø Format
Kriteria Penilaian Produk
Tugas
Mandiri (Lembar Kerja Siswa)
NOMOR SOAL
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1
|
Menjawab
benar
|
|
2
|
Menjawab
benar
|
1
|
3
|
Menjawab
benar
|
1
|
4
|
Menjawab
benar
|
1
|
5
|
Menjawab
benar
|
1
|
6
|
Menjawab
benar
|
1
|
7
|
Menjawab
benar
|
1
|
8
|
Menjawab
benar
|
1
|
9
|
Menjawab
benar
|
1
|
10
|
Menjawab
benar
|
1
|
Jumlah
skor maksimal
|
10
|
Nilai = x 100
Ø Penilaian Produk
No.
|
Nama
|
TM
|
TK
|
Skor
|
1.
|
Nabilah
Rafilah R.
|
|||
2.
|
Alfira
Nilam Ayu P.
|
|||
3.
|
Nur
Anisah R.
|
|||
4.
|
Moh.
Aditiya Islami A.
|
|||
5.
|
Diki
Lukman Ali H.
|
|||
6.
|
Maghfiroh
|
|||
7.
|
Moh.
Anung Ardiansyah
|
|||
8.
|
Nur
Muchlasinah
|
|||
9.
|
Shobakhul
Khoir
|
|||
10.
|
Dyah
Agung Wahyu P.
|
|||
11.
|
Misbakhul
Umam
|
|||
12.
|
Kholidiah
Duita Sari
|
Keterangan :
TM = Tugas
Mandiri
TK =
Tugas Kelompok
Ø Format
Kriteria Penilaian Performance
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Keberanian
Ketepatan
|
*
sangat
*
cukup
*
kurang
*
sangat
*
cukup
*
kurang
|
3
2
1
3
2
1
|
Ø Penilaian Performance
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
|||||
Keberanian
|
Ketepatan
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Nabilah Rafilah R.
|
|||||||
2.
|
Alfira Nilam Ayu P.
|
|||||||
3.
|
Nur Anisah R.
|
|||||||
4.
|
Moh. Aditiya Islami
A.
|
|||||||
5.
|
Diki Lukman Ali H.
|
|||||||
6.
|
Maghfiroh
|
|||||||
7.
|
Moh. Anung Ardiansyah
|
|||||||
8.
|
Nur Muchlasinah
|
|||||||
9.
|
Shobakhul Khoir
|
|||||||
10.
|
Dyah Agung Wahyu P.
|
|||||||
11.
|
Misbakhul Umam
|
|||||||
12.
|
Kholidiah Duita Sari
|
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG.
1160624607
Lampiran
VII
Lembar
Penilaian Karakter
Format
Pengamatan Perilaku Berkarakter
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar
:
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
Siswa: Kelas:
Tanggal:
Petunjuk:
A = Sangat baik C = Menunjukkan kemajuan
B = Memuaskan D = Memerlukan perbaikan
No
|
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
|
Memerlukan perbaikan
(D)
|
Menunjukkan kemajuan
(C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Jujur
|
||||
2
|
Peduli
|
||||
3
|
Tanggung
jawab
|
||||
4
|
Toleransi
|
||||
5
|
Selalu melakukan yang terbaik
|
||||
6
|
Kreatif
|
||||
7
|
Terbuka
dan mendengarkan pendapat teman
|
||||
8
|
Tidak mencela teman dengan kasar
|
||||
9
|
Membantu teman yang membutuhkan
|
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG. 1160624607
Lampiran
VIII
Format
Penilaian Keterampilan Sosial
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar
:
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
Siswa:
Kelas:
Tanggal:
Petunjuk:
Untuk
setiap keterampilan sosial berikut ini, rankinglah keterampilan sosial siswa
itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan perbaikan
C = Menunjukkan kemajuan
B = Memuaskan
A = Sangat baik
No
|
Rincian
Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan
perbaikan (D)
|
Menunjukkan
kemajuan (C)
|
Memuaskan
(B)
|
Sangat
baik (A)
|
1
|
Bertanya
|
||||
2
|
Menyumbang
idea tau pendapat
|
||||
3
|
Menjadi
pendengar yang baik
|
||||
4
|
Komunikasi
|
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG. 1160624607
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 2 × 35 menit
A.
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan
lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
B.
Kompetensi Dasar :
10.1
Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan,
cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
C.
Indikator
1. Kognitif :
Proses
1.
Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan
fisik
2.
Mendemonstrasikan proses terjadinya
erosi pada permukaan tanah.
Produk
1.
Menjelaskan pengaruh faktor penyebab
perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari dan
gelombang laut).
2. Afektif
Karakter
:
Siswa mampu menunjukkan perilaku tanggung jawab,
kreatif, terbuka, membantu teman.
2. Psikomotorik
Ketrampilan Sosial :
Siswa mampu melakukan komunikasi, demonstrasi,
berpendapat.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
Proses
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan
fisik
2.
Peserta didik mampu mendemonstrasikan
proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.
Produk
1.
Dengan tampa membuka buku, peserta didik
mampu menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan
(angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).
2. Afektif
Karakter :
Dengan
terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat berperilaku tanggung jawab,
kreatif, terbuka.
3. Psikomotorik
Ketrampilan Sosial :
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat berperilaku mengutarakan pendapat, mendemonstarsikan
dan berkomunikasi dengan teman.
E.
Materi Pembelajaran
Materi selengkapnya : terlampir
F. Strategi Pembelajaran
1. Model : Kooperatif
2. Metode : demonstrasi,
diskusi, presentasi, penugasan.
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Fase
|
Guru
|
||
Kegiatan
Awal
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta
didik
|
§ Salam
Pembuka
§ Menanyakan
kabar
§ Kegiatan
rutin guru : absensi
§ Menanyakan
kesiapan peserta didik untuk belajar
§ Apersepsi
: memotivasi peserta didik dengan memberi pertanyaan untuk membangun
pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
1)
Pernahkan kalian pergi ke pantai
dan membuat rumah pasir?
2)
Apa yang terjadi pada rumah pasir
kalian ketika gelombang datang ?
§ Menyampaikan
tujuan pembelajaran :
1.
mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan
lingkungan fisik
2.
mendemonstrasikan proses
terjadinya erosi pada permukaan tanah.
3.
menjelaskan pengaruh faktor
penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari
dan gelombang laut).
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Menyampaikan
informasi
Mengorganisasikan
peserta didik dalam kelompok belajar
Membimbing
kelompok
Evaluasi
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§
Memberikan informasi: bahan yang
dibutuhkan :
1.
Percobaan 1
·
Papan triplek
·
Tanah
·
Tanaman rumput air
2.
Percobaan 2
·
Tanah kering
·
Pasir
·
Kipas
3.
Percobaan 3
·
Bak
·
Tanah berpasir
·
Air
4.
Percobaan 4
· Tanah
· Panas
matahari
§ Menjelaskan
langkah-langkah yang harus dilakukan peserta didik untuk mengamati perubahan
lingkungan terhadap daratan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Membentuk
beberapa kelompok belajar secara heterogen yaitu dengan memperhatikan jenis
kelamin, tingkat kecerdasan.
§ Membimbing
kelompok : mengawasi saat kelompok melakukan demonstrasi dan pengamatan
sesuai LKS
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Membimbing
kelompok terpilih untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok
§ Menentukan
kelompok yang memiliki kinerja terbaik
|
50 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Penghargaan
|
§ Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang kinerjanya baik
§ Membuat
kesimpulan bersama peserta didik, hasil belajar yang diperoleh melalui
kegiatan inti
§ Salam
penutup
|
10 menit
|
H. Sumber, Alat dan Media Belajar
1. Sumber Belajar
Sulistyanto, Heri. Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
Rositawaty, S. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4, untuk kelas IV sekolah Dasar.
Jakarta : Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008
2. Alat Pembelajaran
Lembar
Kerja Siswa
3. Media
·
Tanah
·
Tanah berpasir
·
Kipas
·
Papan triplek
·
Bak pasir
·
Rumput
·
Gambar bermacam-macam bencana perubahan
lingkungan pada daratan
I. Penilaian
1. Teknik :
tes tulis (Lembar penilaian)
2.
Penilaian kerja : penilaian keterampilan social dan kinerja melakukan
demonstrasi
Mengetahui, Gumeno,
Kepala
Sekolah SDN Gumeno Guru
Kelas IV
M. Asmunir, S.Ag Yulya Astuthi’
NIP. 19550717 198112 1 004 NIG.
1160624607
Lampiran
I
MATERI
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan
lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
Lampiran
II
Media
Pembelajaran
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar
:
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
Bak
Pasir
|
Banjir
|
Air
|
Longsor
|
Rumput
|
Abrasi
|
Pengikisan
oleh air hujan
|
Tanah
retak
|
Lampiran
III
LEMBAR
KERJA SISWA
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi
Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
Nama
Siswa : ….............................................................
No.
Absen : ….............................................................
Berilah tanda silang (X) pada huruf
a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!
1.
Pengikisan daratan oleh air atau angin
disebut ....
a.
erosi b. abrasi c. reboisasi d. sedimentasi
2.
Pasir, tanah dan batu yang terbawa
aliran air kemudian diendapkan di suatu tempat dinamakan ....
a.
erosi b. abrasi c. reboisasi d. sedimentasi
3.
Erosi dapat dicegah dengan cara
berikut, kecuali ....
a.
reboisasi b.
membuat sengkedan
c.
membuat hujan buatan d. mencegah penebangan hutan
4.
Di lahan pertanian atau perkebunan yang
miring seperti perbukitan banyak terdapat ... untuk mencegah terjadinya erosi
dan longsor.
a.
sengkedan b. hutan
bakau
c.
tembok beton d. reboisasi
5.
Hutan bakau di pinggiran pantai
berfungsi sebagai ....
a.
tempat berteduh b. pemecah
ombak
c.
petunjuk arah d.
memelihara hewan laut
6. Pengikisan batu karang atau tepian pantai
disebabkan oleh ....
a.
air hujan b. angin
c.
gelombang laut d. cahaya matahari
7.
Pengikisan pantai yang disebabkan oleh
gelombang laut disebut ....
a.
erosi b. abrasi c. reboisasi d. sedimentasi
8.
Teriknya cahaya matahari di musim
kemarau dapat menyebabkan tanah atau batuan mengalami ....
a.
pengerasan b.
pengerutan
c.
keretakan d.
pemuaian
9.
Perubahan pada daratan disebabkan oleh
perubahan faktor lingkungan fisik sebagai berikut, kecuali ....
a.
hujan b.
gelombang laut
c.
angin d.
rotasi bumi
10.
Perubahan pada daratan disebabkan oleh peristiwa-peristiwa berikut, kecuali
....
a.
angin topan b.
kebakaran hutan
c.
erosi d.
reboisasi
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG.
1160624607
Lampiran
IV
LEMBAR
KERJA KELOMPOK
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar
:
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2. Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
Anggota Kelompok : ….............................................................
….............................................................
….............................................................
Kelompok 1
Kelompok 2
Kelompok 3
Kelompok 4
|
Tujuan :
Melihat
cahaya matahari yang dapat meretakkan tanah
Alat dan Bahan :
-
Tanah
agak basah
-
Cahaya
matahari
Langkah
Kerja
1.
Lakukan
secara berkelompok
2.
Masukkan
tanah kedalam bak kecil atau piring
3.
Letakkan
di luar ruangan yang terkena sinar matahari secara lansung
4.
Diamkan
5.
Amati
apakah tanah tersebut kering oleh panas matahari ?
6. Buatlah laporan pada buku
tugasmu
Hasil
Pengamatan
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG.
1160624607
Lampiran
V
Kunci
Jawaban LKS
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi
Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
1.
B
2.
D
3.
A
4.
A
5.
B
6.
C
7.
B
8.
C
9.
D
10.
D
Gumeno,
Guru Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG. 1160624607
LAMPIRAN
VI
PENILAIAN
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi
Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
Ø Format
Kriteria Penilaian Produk
Tugas
Mandiri (Lembar Kerja Siswa)
NOMOR SOAL
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1
|
Menjawab
benar
|
1
|
2
|
Menjawab
benar
|
1
|
3
|
Menjawab
benar
|
1
|
4
|
Menjawab
benar
|
1
|
5
|
Menjawab
benar
|
1
|
6
|
Menjawab
benar
|
1
|
7
|
Menjawab
benar
|
1
|
8
|
Menjawab
benar
|
1
|
9
|
Menjawab
benar
|
1
|
10
|
Menjawab
benar
|
1
|
Jumlah
skor maksimal
|
10
|
Nilai = x 100
Ø Penilaian Produk
No.
|
Nama
|
TM
|
TK
|
Skor
|
1.
|
Nabilah
Rafilah R.
|
|||
2.
|
Alfira
Nilam Ayu P.
|
|||
3.
|
Nur
Anisah R.
|
|||
4.
|
Moh.
Aditiya Islami A.
|
|||
5.
|
Diki
Lukman Ali H.
|
|||
6.
|
Maghfiroh
|
|||
7.
|
Moh.
Anung Ardiansyah
|
|||
8.
|
Nur
Muchlasinah
|
|||
9.
|
Shobakhul
Khoir
|
|||
10.
|
Dyah
Agung Wahyu P.
|
|||
11.
|
Misbakhul
Umam
|
|||
12.
|
Kholidiah
Duita Sari
|
Keterangan :
TM = Tugas
Mandiri
TK =
Tugas Kelompok
Ø Format
Kriteria Penilaian Performance
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Keberanian
Ketepatan
|
*
sangat
*
cukup
*
kurang
*
sangat
*
cukup
*
kurang
|
3
2
1
3
2
1
|
Ø Penilaian Performance
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
|||||
Keberanian
|
Ketepatan
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Nabilah Rafilah R.
|
|||||||
2.
|
Alfira Nilam Ayu P.
|
|||||||
3.
|
Nur Anisah R.
|
|||||||
4.
|
Moh. Aditiya Islami
A.
|
|||||||
5.
|
Diki Lukman Ali H.
|
|||||||
6.
|
Maghfiroh
|
|||||||
7.
|
Moh. Anung Ardiansyah
|
|||||||
8.
|
Nur Muchlasinah
|
|||||||
9.
|
Shobakhul Khoir
|
|||||||
10.
|
Dyah Agung Wahyu P.
|
|||||||
11.
|
Misbakhul Umam
|
|||||||
12.
|
Kholidiah Duita Sari
|
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG.
1160624607
Lampiran
VII
Lembar
Penilaian Karakter
Format
Pengamatan Perilaku Berkarakter
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar
:
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
Siswa: Kelas:
Tanggal:
Petunjuk:
A = Sangat baik C = Menunjukkan kemajuan
B = Memuaskan D = Memerlukan perbaikan
No
|
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
|
Memerlukan perbaikan
(D)
|
Menunjukkan kemajuan
(C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Jujur
|
||||
2
|
Peduli
|
||||
3
|
Tanggung
jawab
|
||||
4
|
Toleransi
|
||||
5
|
Selalu melakukan yang terbaik
|
||||
6
|
Kreatif
|
||||
7
|
Terbuka
dan mendengarkan pendapat teman
|
||||
8
|
Tidak mencela teman dengan kasar
|
||||
9
|
Membantu teman yang membutuhkan
|
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG. 1160624607
Lampiran
VIII
Format
Penilaian Keterampilan Sosial
Sekolah :
SD Negeri Gumeno
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: IV/II
Standar
Kompetensi :
10.
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar
:
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan
lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
10.2.
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
Siswa:
Kelas:
Tanggal:
Petunjuk:
Untuk
setiap keterampilan sosial berikut ini, rankinglah keterampilan sosial siswa
itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan perbaikan
C = Menunjukkan kemajuan
B = Memuaskan
A = Sangat baik
No
|
Rincian
Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan
perbaikan (D)
|
Menunjukkan
kemajuan (C)
|
Memuaskan
(B)
|
Sangat
baik (A)
|
1
|
Bertanya
|
||||
2
|
Menyumbang
idea tau pendapat
|
||||
3
|
Menjadi
pendengar yang baik
|
||||
4
|
Komunikasi
|
Gumeno,
Guru
Kelas IV
Yulya Astuthi’
NIG. 1160624607
TERIMAKASIH BANYAK SUSTER RPPNYA,MAAF SAYA KOPI UNTUK MELENGKAPI TUGAS PROPOSALKU
BalasHapusSilahkan
Hapus